3

Senang-senang di Kolam Renang

Ini postingan terlambat banget.

Sekitar tiga mingguan lalu kami sekeluarga senang-senang di kolam renang. Udah rencana sih sebulan sekali lah paling ngga piknik di kolam renang. Soalnya Thifa suka banget main-main di air ya skalian ngajarin dia renang gitu. Yang kemaren Hana juga sengaja ikutan diajak nyebur. Tapi cuma sebentar sih berendam-rendam aja, soalnya si kakak ribut aja ngajak ayahnya kesana-sini, sementara emaknya sibuk poto-poto :p

Oya Hana sekarang udah tujuh bulan lebih. Hobinya berdiri sambil tetep pegangan. Hana udah bisa duduk sendiri, bisa naik ke tempat tidur sendiri. Tempat tidur yang ngga terlalu tinggi sih, cuma sekitar 20cm. Udah bisa turun dari tempat tidur itu juga, tapi tangannya dulu yang turun, kakinya belakangan hehe.

Asalnya ragu ngajak Hana nyemplung, soalnya di situ ga ada air angetnya, kalo berendam di air dingin mau ngga ya Hana. Eh ternyata dia malah ketawa-ketawa. Ada lho bayi-bayi yang pertama kali dibawa ke kolam renang malah nangis. Kayak Faza, sepupu mereka. Mungkin tipsnya sih kenalkan pelan-pelan. Mulai dari kakinya dulu dimasukin ke air. Pelan-pelan bawa dia ke air yang lebih dalem biar badannya terendam semua. Pilih tempat yang tidak terlalu ramai.

Baca lebih lanjut

Iklan
4

Menyapih Anak Dari Dot

Alhamdulillah, saya tidak pernah merasa kesulitan menyapih thifa dari dot. Begitu lahir thifa memang langsung diperkenalkan dengan dot. Karena minimnya pengetahuan saya tentang ASI eksklusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) saya membiarkan dia begitu lahir diberikan sufor menggunakan dot, hiks 😦

Sampai umur tiga bulanan Thifa saya kasih ASI plus sufor karena saya merasa ASI saya tidak mencukupi. Tapi setelah ada teman yang menyemangati saya, akhirnya saya mampu memberikan full ASI dan say goodbye pada sufor. Apa rahasianya? Apakah mengkonsumsi makanan tertentu? Nggak. Kuncinya cuma satu Pede, kalau ASI nya cukup. Itu aja.

Nah semenjak itu Thifa sudah tidak pernah menggunakan dot. Umur enam bulan ketika dia sudah boleh makan dan minum selain ASI, sayapun tidak menggunakan dot untuk memberinya air putih. Biasanya air saya sendokkan, atau langsung saya minumkan saja dari gelas.

Baca lebih lanjut