Mens Pertama

Bismillah, udah lewat lama, tapi sayang kalau terlewatkan begitu saja tanpa ditulis.

Finally, anak bayiku yang dulu ditimang-timang sekarang sudah menjelma jadi anak gadis, udah mens. Waktu dapet gimana? Apakah saya baper. Nggak sih, haha. Lha soalnya udah dari lama si bocah ngarep-ngarep, katanya temen-temennya banyak yang udah dapat. Kalau saya sih maunya ntar aja lah, pas udah SMP.

Tau pertamanya pas tanggal 6 Januari ayahnya bangunin buat sholat subuh terus manggil saya kok ada merah di seprei. Setelah dicek eh ternyata beneran dia mens. Habis itu biasalah dikasih wejangan. Sebenarnya sbelum mens juga udah dikasih aneka macam wejangan gimana perempuan yang sudah baligh harus bersikap, karena dia sekarang sudah kena dosa kalau melanggar syariat. Mens pertama wajarlah semingguan. Habis itu bulan berikutnya ditunggu nggak datang-datang lagi mensnya. Barulah di pertengahan Maret kemarin sempet keluar darah lagi, tapi cuma sekali doang, abis itu bersih lagi.

Saya baca di internet sih, siklus menstruasi selama dua tahun pertama itu normal karena menginjak masa remaja sedang dipengaruhi masa pertumbuhan jadi bisa mengganggu siklus menstruasi. Budenya juga bilang kalau dia setelah mens pertama enam bulan nggak mens lagi katanya. Kalau saya dulu gimna ya, lupa haha. Yang jelas saya dulu dapat mensnya mayan telat, di kelas dua pertengahan kalo nggak salah.

Sekarang Thifa tingginya udah hampir sama dengan emaknya. Udah bisa pakai baju emak, ukuran mirip-mirip lah. Kita juga udah bisa tukeran sepatu.

Wes, sekian dulu cerita tentang Thifa. Cukup lama blog ini nggak diupdate cerita tentang anak-anak ya. SAya takut kenangan itu hilang karena saya lali menyimpannya. Sayang, eman-eman banget. Makanya sempetin nulis meski dikit-dikit.

Tinggalkan komentar