0

Perjuangan Menyapih Sarah

Bismillah, Assalamualaikum. Udah lamaaaa sekali ngga posting dimarih yah. Milestone anak-anak banyak yang terlewat untuk didokumentasikan huhuhuhu.

Kali ini mau cerita tetang perjuangan menyapih Sarah. Sampai sekarang usia Sarah 3 tahun 6 bulan Sarah belum berhasil disapih, hiks. Udah seminggu sih, da sama seklai ngga mimik tapi tetep aja, beberapa kali minta, terutama kalau mau tidur malam.

Seperti malam tadi, dia nangis-nangis, minta mimik, ngga tega sih, tapi kalo dikasih kapan rampungnya ini proses nyapih.

Dia sampai bilang sambil terisak, Aku ngga mau jadi besar, Mama jahat, Mama ngga boleh jahat, kalau ngga mimik aku sedih, kalau nggga mimik aku nangis. Haduuuh hati siapa yang ngga trenyuh coba.

Akhirnya ditawarkan minum susu pakai dot, baru dia mau dan diam. Alhamdulillah.

0

Sarah Sudah 3 Tahun, Tapi Masih Minta Mimik

Sarah udah 3 tahun. Udah dari menjelang ultah kedua dia disounding mimiknya air putih, mimik susu kotak, ngga mimik mamah lagi, tapi ga berhasil hahaha.

Tiap kali ditanya adek udah besar apa masih kecil, jawabnya sesuai mood dia. Kalo dia pengen nonton HP dia akan jawab udah besar, kalo dia pas mau mimik ya dia jawab masih kecil.

Sekarang durasi mimik udah berkurang sih. Kalo mau mimik dia paling bilang “Mimik bentaaar aja” atau “Anak besar mimik sebenatar” dan emang betar mimiknya. Kalo ngga diijinin dia suka ngambek terus menyendiri di dekat tangga. Kalo udah gitu susah deh dibujuknya biar ngga ngambek lagi.

Sarah udah 3 tahun dan udah minta sekolah. Dari lama sih sebenarnya dia minta sekolah karena lihat kakaknya dianter sekolah sama Ayahnya dia minta sekolah juga. Kalo dibilang sekolahnya tutup deh masih Corona.DIa akan jawab, “Mana coronanya ngga ada.”

Kemaren dia nyobain baju sekolah kakaknya, terus nanyain terus sekolahnya udah buka belum Ma?

Ulang tahun ketiga Sarah sepiii. Karena kami lagi isolasi mandiri di rumah bertiga. Kakaknya dari sebelum kami sakit udah tinggal di neneknya. Tadinya udah mau balik karena hasil ayahnya positif ditahan lagi di rumah nenek, gajadi balik.

Ohiya poninya Sarah beberapa waktu lalu dipotong sama Hana tanpa sepengetahuan emaknya. Ujug-ujug datang ke emaknya pamerin rambut baru, dan Sarah mau-mau aja dipotng rambut sama si kakak hahaha.

Ohiya cerita di bulan puasa kemaren, Sarah kemasukan kapas di hidungya. Jadi dia main kapas dan mungkin karena pernah lihat kakaknya pas mimisan disumpel kapas dia ikut-ikutan. Malah masuk dalam banget. Awaknya pas lihat dia main kapas saya ngga kepikiran itu bahaya. Tau-tau dia datang ke saya dan bilang kapasnya masuk. Mau diambil susah banget. Bahkan berdua sama ayahnya tetep susah. Akhirnya kami coba ke bidan, diketok ga ada yang buka, terus ke apotek kirain ada dokternya ternyata ngga. Lalu si Ayah kepikiran bawa ke UGD.

Di UGD saya bilang ke satpam, idungnya kemasukan kapas pak. Disuruh baring di tempat tidur, langsung ditangani dokter-dokter IGD ada 3 orang kalo ga salah. DI tambah saya dan ayahnya bantu megangin. Sebentar doang langsung bisa keambil. Saya sempet tanya, administrasinya gimana, udah siap kartu BPJS tuh Tapi si dokter muda bilang gausah langsung plang aja bu. Alhamdulillah terimakasih bantuannya ya dokter, moga dokter juga senantiasa dimudahkan segala urusan oleh Alloh swt.

Yaudah segitu dulu ya cerita ultah ketiga Sarah. Masih banyak yang mau diceritain di blog ini. Supaya jangan sampe ceritanya terlupakan begitu saja, harus didokumentasikan.

0

Sarah 21 Bulan, Lulus Toilet Training Yeay!!

Waah ngga terasa Sarah udah 21 bulan aja. Udah mau ultah yang kedua huhuhu. Kalo orang-orang biasanya bilang “Don’t grow too fast”. Bukannya ngga mau anak-anak bertumbuh tentu saja, tapi kaya ngerasa, duuh anakku kalo udah gede ngga bisa diuyel-uyel lagi.

Sarah udah 21 bulan, ALhamdulillah udah lulus toilet training. Beberapa kali saya ajak keluar, kaya ke kondangan, ke cafe, bahkan ke Kudus udah berani mgga pakai diapers dan Alhamdulillah ngga ngompol. Tapi mungkin untuk tempat-tempat tertentu kaya arena bermain mall ya masih belum berani, takut aja kecolongan ngompol kan ya ngga enak.

baby 21 bulan

Pertama kali ke kondangan tanpa diapers

Baca lebih lanjut

1

Sarah Menjelang 20 Bulan, Makin Pinter di Banyak Hal

Hahaa iya saking banyak perkembangannya akhirnyaditulis aja judulnya makin pinter di banyak hal. Apa aja itu?

salju

1. Bicara makin jelas, kosa kata makin banyak. Sekarang dia udah bisa bilang “Pipis” dengan jelas, sebelumnya kalo ngomong kan ncis. Kosa kata nambah banyak, pengetahuan akan nama barang juga bertambah. Ada kejadian apa dia bisa langsung laporan.Misal minum tumpah, dia akan bilang “Mpah..”makanan habis “bis..”. Lapar dia bakal bilang “Maam” atau “akang”. DIminta tolong ambilin barang udah tau barang apa yang dimaksud, kaya adi minta tolong ambil gunting langsung dia ambilkan. Baca lebih lanjut

0

Sarah 17 Bulan, Makin Banyak Ngomongnya

Sarah udah 17 bulan. Oh my baby grow too fast. Iya ih ngerasa gitu banget. Kaya baru kemaren degdegan nunggu operasi untuk mengeluarkannya sekarang udah 17 bulan aja. Klise ah, di post sebelumnya kayaknya ngomong gini juga deh!

Perkembangan dia di bulan ke-16 aja belum ditulis kok ujug-ujug udah 17 bulan sih naak. Sekarang Sarah udah tumbuh satu graham atasnya. Ini udah dari sebuanan lalu sih kalo ngga salah. Giginya seri bawah juga sekarang udah tambah 1. Jadi total gigi seri ada 7.

Baca juga: Gigi Pertama Sarah

Ngomongnya juga makin banyak. Bisa bilang kakak, buka, Nana (manggil Hana), mam, naik, mam, dan ikut-ikutan apa yang orang lain ucapkan. Binatang yang paling dihapal jerapah. Kalo lihat HP suka bilang Pah.. pah.. maksudnya mau minta nonton jerapah.

Udah pinter main drama. Pura-pura nangis, ketawa, marah. Makin suka niruin orang lain. Kadang kakaknya nangis suka ikutan huhuhuhu. Saya mangil Hana ikutan, Naa, naaa….

Bareng Faruq, ikut Mama ke acara blogger

Kalo mau mimi bilangnya “Niik”. Kalo saya tanyain, mau pipis bilang apa? Dia akan nunjuk bagian bawah perut sambil bilang, “Nciiis”. Cuma yaa kalo ditanya aja. Belum keliatan inisiatif sendiri mau pipis bilang gitu. Makanya harus tetep rajin ditanyain, mau pipis? Atau langsung dibawa ke kamar mandi diajak pipis untuk toilet trainingnya.

Toilet training sih udah mulai intens dijalankan, cuma yaa kadang masih pakai pospak kalo saya lagi capek atau kalo bepergian jauh. Ah pospak kau sungguh melenakan. Meski ujung-ujungnya saat mengganti, selalu feeling guilty, maafkan aku bumi, 500 tahun lho baru bisa terurai, hiks. Yang agak repot dia sekarang jarang mau duduk di pispot bayi. Jadi kalo pipis atau pup, maunya jongkok aja gitu, atau kadang sambil berdiri.

Baca juga: Portable Closet Untuk Bayi 6 Bulan

Sarah juga udah ngga selalu nangis saat bangun tidur. Pernah dia terbangun di kamar kakaknya, lalu ke kamar saya, dan ngajak saya ikut tidur di kamar kakak, diajak bobo di kamar Mama ngga mau. Pernah juga saya dengar, Sarah terbangin dini hari, terus manggil, kakak.. kakak.. tapi kakaknya ngga ada yang bangun, akhirnya saya masuk kamarnya. Dia sekarang posesip ma emaknya. Kalo emaknya sama kakak, dia marah, ngga terima. Sampai kemaren gara-gara ngga mau Mama sama Kakak, Sarah ngajak pindah dari kamar kakak ke kamar Mama, dan kakak ngga boleh ikut. Tapi ngga lama di kamar Mama minta balik lagi ke kamar kakak hahaha.

Happy 17 month my baby, jadi anak solehah ya…