Menyapih Anak Dari Dot

Alhamdulillah, saya tidak pernah merasa kesulitan menyapih thifa dari dot. Begitu lahir thifa memang langsung diperkenalkan dengan dot. Karena minimnya pengetahuan saya tentang ASI eksklusif dan Inisiasi Menyusui Dini (IMD) saya membiarkan dia begitu lahir diberikan sufor menggunakan dot, hiks 😦

Sampai umur tiga bulanan Thifa saya kasih ASI plus sufor karena saya merasa ASI saya tidak mencukupi. Tapi setelah ada teman yang menyemangati saya, akhirnya saya mampu memberikan full ASI dan say goodbye pada sufor. Apa rahasianya? Apakah mengkonsumsi makanan tertentu? Nggak. Kuncinya cuma satu Pede, kalau ASI nya cukup. Itu aja.

Nah semenjak itu Thifa sudah tidak pernah menggunakan dot. Umur enam bulan ketika dia sudah boleh makan dan minum selain ASI, sayapun tidak menggunakan dot untuk memberinya air putih. Biasanya air saya sendokkan, atau langsung saya minumkan saja dari gelas.

Sebenarnya sih alasan saat itu simpel saja. Saya ngga kepikiran juga, melakukan itu biar dia ngga kecanduan sama yang namanya dot.

Alasannya adalah saya malas mencuci botol dan dotnya buahahaha. Tahu kan kalo nyuci botol dan dot itu agak-agak ribet. Harus pake yang semacam sikat, trus habis itu disteril lagi. Terlalu bertele-tele. Kebetulan juga sih saya ngga bekerja di luar rumah, jadi ngga terlalu ribet.

Nah mungkin karena kebiasaan itu Thifa ngga pernah kecanduan dot. Sekarang-sekarang aja, ngeliat temen-temennya yang masih kecil pada ngedot, dia suka iseng minum air putih pake dot. Yang pada akhirnya kalo dia gemes airnya dikit banget keluarnya smentara dia haus banget, dotnya dilepas, kemudian glek-glek langsung diminum dari botolnya hahaha.

Sekarang untuk Hana pun saya terapkan hal yang sama. Dia minum air putih langsung dari gelas.Β Nah untuk yang anaknya belum kebacut candu dengan yang namanya dot, cara saya ini bisa dicoba πŸ™‚

Image

Gara-gara ngeliat sepupunya yang masih bayi ngedot

Iklan

4 thoughts on “Menyapih Anak Dari Dot

  1. Hihihi…anakku yg pertama jg dah lepas dr dot sejak umur 2 tahun, tapi pas liat adiknya ngedot, dia kadang minta minut pake dot jg..temen2 di sekolahnya jg masih ada yg ngedot…jadi ya dia ikutan jg..tapi klo mo bobo minum susunya malah suka pakai gelas beling punya ibunya…hihihi…anak2 itu lucu ya mba rahmi??

  2. hehe… alasannya sama mbak ma aku.. males nyuci dot πŸ˜€ Ifa juga udah lepas dot sejak setaunan..mimik langsung dari gelas.. sekarang malah udah nggak ingat sama sekali sama dotnya.. kadang suka takjub liat temen2nya megang dot saking lupa sama yang namanya dot.. πŸ˜€

  3. aku sapih dot faris dari 21 bulan, bete dia keluarnya air sedikit. mending jg pke sedotan

    kalo thifa pernah pas lagi mau minum pake dot, ngga sabar akhirnya dibuka tutupnya, minum kayak di gelas πŸ˜€

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s