Thifa Ikut Latihan Panjat Tebing

latihan panjat tebing anak

Yuhuuu udah lamaaa banget ngga cerita tentang Thifa dan Hana di blog ini.

Oya, tanggal 12 Januari kemarin Thifa baru ultah yang ke-6, huhuhu makin besar aja ya kamu nak, emak jadi baper, hiks. Pas November tahun kemarin (belum lama juga kan ya) Hana ultah yang ke-3, dan belum ditulis juga milestone nya di blog ini. Piye toh mak, mak…

Kali ini mau cerita tentang Thifa ikut latihan panjat tebing dulu ya…

Mulai November tahun kemarin, Thifa ikut latihan panjat tebing bareng komunitas Home Schooling Muslim Nusantara (HSMN) Semarang di Taman Tirto Agung Tembalang. Ini pertamakalinya saya dan Thifa ikut playdate outdoor yang diselenggarakan HSMN. Eh pernah ding sebelumnya ikut pelatihan robotic, cuma yang nungguin bukan saya, tapi omnya.

HSMN Semarang memang punya beberapa kegiatan rutin. Selain panjat tebing, ada latihan memanah, latihan menulis, dan playdate Bahasa Inggris. Komunitas ini meski namanya home schooling tapi banyak juga bergabung orang tua yang anaknya sekolah di sekolah resmi lho. Jadi komunitas ini terbuka bagi siapa saja, orangtua muslim yang peduli pada pendidikan anak, juga mau belajar bersama-sama bagaimana mendidik anak yang baik dan islami. Untuk latihan panteb sendiri sebenarnya tidak tertutup hanya untuk komunitas HSMN. Jika ada di luar HSMN yang mau gabung latihan bareng bisa juga.

Sebelum saya mendaftarkan Thifa latihan, saya tanya dulu sama anaknya, mau ngga ikut latihan panjat tebing. Saya tunjukkin poto-poto kegiatan latihan panteb, dan dia bilang mau.

Meski namanya latihan panjat tebing, yang dipanjat bukan tebing beneran lho ya, tapi tembok. Tinggi temboknya sendiri ada kali ya sekitar 10 meteran, yang ditempeli batu-batu untuk pegangan dan pijakan kaki. Sebelum naik, anak-anak akan dipasangi tali sebagai pengaman. Karena nanti turunnya juga dengan cara bergelantungan terus talinya ditarik sama pelatih yang ada di bawah.

Sebelum memulai latihan panteb, anak-anak akan diajak pemanasan terlebih dahulu, lari keliling lapangan dan streching. Biasanya juga akan dilatih di tembok yang rendah dulu untuk latihan pull-up. Bergelantungan di tali terus merambat di tembok dari kiri ke kanan.

Panjat Tebing Anak Semarang

pemanasan dan pull up

Waktu latihan bersama bulan Nopember, pesertanya banyaaak. Jadi Thifa cuma kebagian sekali manjat doang. Pas bulan Desember, karena banyak peserta latihan yang libur, Thifa ikut latihan privat. Kadang cuma sendiri, kadang ada ketambahan satu atau dua orang anak lain yang ikut latihan.

Karena privat Thifa bisa manjat sampai banyak kali, pernah dia manjat sampai lima apa enam kali gitu. Alhamdulillah Thifa berani, Pernah sampai hampir ke ujung paling atas lho. Tapi masih suka teriak-teriak juga di atas tembok, bilang capek lah, udah ngga bisa lagi, dll. Kalo udah gitu biasanya pelatih suruh dia istirahat dulu sambil tetep nemplok dinding, tangannya digerak-gerakkin dulu biar ilang pegelnya. Tapi kalo masih tetep ribut juga ya udah turun dulu, istirahan sebentar nanti naik lagi.

Kalau kata pelatihnya sih anak tidak perlu dipaksa untuk naik sampai atas, yang penting dia udah berani aja dulu itu udah bagus. Apalagi yang masih seusia Thifa.

Hana juga pernah lo sekali pertemuan ikut manjat, sampai dua apa tiga kali gitu manjatnya. Ya meski banyakan maish di pegangin sih, tapi paling ngga melatih keberanian dulu deh dan dia terlihat fun.

Latihan panjat tebing anak semarang

Hana juga mau ikut manjat dinding 🙂

Apa manfaat latihan panjat tebing untuk anak?

Berdasarkan info yang saya baca dan yang saya rasakan sendiri, latihan panjat tebing untuk anak, manfaatnya adalah:

  1. Menumbuhkan keberanian pada diri anak. Saya itu takut sama ketinggian, jalan di ketinggian dikit aja udah merinding, makanya saya harap dengan latihan ini Thifa jangan sampai lah penakut kaya saya.
  2. Melatih ketenangan. Thifa sering ribut dan panik saat latihan, bilang ga bisa lah, capek, dll. Begitu turun biasanya saya bilangin. “Kak, kakak di atas sana harus tenang, jangan panik. Kalau capek berhenti aja dulu, ga perlu buru-buru. Lihat ke atas, mana batu terdekatmu yang bisa buat pegangan dan jadi pijakan.” Habis itu biasanya dia manjat lagi, udah bisa lebih tenang dan lebih tinggi naiknya.
  3. Melatih kekuatan tangan dan kaki. Nginjek dan pegangan batu gitu sakitlah. Apalagi tanpa alas kaki. Karena Thifa belum punya sepatu khusus wall climbing, akhirnya dia nyeker.
  4. Belajar bersosialisasi. Ya sama pelatih, ya sama teman yang ikut latihan bareng. Apalagi Thifa sekarang belum mulai sekolah lagi.
  5. Ajang bersenang-senang. Iya Thifa seneng banget latihan panjat tebing. Kadang kalo ngga saya bilang, udah dulu latihannya, dia masih mau manjat lagi dan lagi. Selain manjatnya, sensasi bergelantungan ketika turun dia juga suka. Di samping itu di taman tempat latihan banyak arena bermainnya dan banyak orang jual jajanan, hahaha.

Sekian dulu ya cerita tentang Thifa ikut latihan panjat tebing. Bagi ortu yang pengen nyari aktivitas luar ruangan untuk anak panjat tebing rekomen lah dijadikan pilihan. Bagi yang di Semarang, bisa ke Taman Tirto Agung tiap Selasa dan Sabtu sore. Untuk sementara jadwal latihannya di dua hari itu. Biayanya juga murah kalo ikut latihan bareng, karena dapet harga grosir hihi.

 

Iklan

13 thoughts on “Thifa Ikut Latihan Panjat Tebing

  1. Seru ya, Mbak ada komunitas kayak gitu. Aku dulu pengen panjat tebing gitu tapi nggak kesampaian. Ntar deh anakku tak ajari sendiri aja di rumah. Manjat apa gitu. Kalau mau ikut komunitas ini terlalu jauuuhhh.

  2. Anak-anak yang hebat, mba! Sejak usia dini udah terlatih berani, termasuk panjat begini. Mudah2an serius terus latihannya dan satu saat berprestasi, ya😀.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s