9

Memahami Thifa, Mengenang Masa Kecil Saya

lagi cemberutSampai sekarang saya masih terus mencoba memahami Thifa, mencari tahu jawaban mengapa ia mogok sekolah. Bukan mogok 100% sih. Kadang malas sekolah, kadang mau tapi harus ditemenin emaknya di dalam kelas. Salah satu cara adalah dengan mengenang masa kecil saya. Katanya kan kita harus coba menempatkan diri di posisi anak.

Ingatan terjauh saya saat ini adalah saat TK Saat TK saya juga tidak suka sekolah. Seingat saya, saya ngga pernah punya teman baik di sekolahan. Saya ngga suka berangkat sekolah, tapi bedanya waktu itu saya memendam rasa. Saya merasa ngga mungkin bilang ke ibu kalo saya ngga mau sekolah. Makanya saya senang sekali kalo saya panas sedikit, lumayan bisa jadi alasan buat ngga sekolah.

Alasan saya ngga suka sekolah karena saya merasa sering disakiti beberapa teman sekelas. Pernah waktu acara makan bersama ngantri bubur, trus ada yang berbisik-bisik, ngomongin saya, “Dia lambat kaya ulet.” Tapi saya diem, ngga marah, ngga nangis, dan ngga mau cerita sama siapapun. Habis itu saya inget banget teman yang lain berbisik ke temannya untuk mempersilakan saya ngambil makanan duluan. Teman itu akhirnya jadi sahabat saya ketika SD, bahkan setelah saya pindah kota, kami masih sering surat-suratan. Baca lebih lanjut

7

Thifa Mogok Sekolah

Thifa mogok sekolah. Ngg sebenarya mau sih sekolah tapi kayaknya dengan terpaksa dan syaratnya harus ditungguin mamah di dalam kelas. Tiga jam dalam kelas boo, mau ngapain cobaaak?

Padahal sebelum libur panjang lebaran kemarin, udah mau lho ditinggal di kelas. Mamanya cukup menunggu di luar. Tapi enatah kenapa kemarin begitu nyampe sekolah aja langsung minta ditungguin di dalam. Kayaknya sebelumnya ngga ada sesuatu kejadian yang ngga mengenakkan di sekolah deh.

Sayapun mencoba menelusuri apa yang menyebabkan Thifa seperti ini.

Sebenarnya beberapa saat sebelum Thifa menamatkan PAUD KB di sekolah yang sama, dia sudah mulai kelihatan males-malesan sekolah. Akhirnya saya tungguin dia di dalem kelas. Padahal sebelumnya bahkan pernah cuma diantar saja sama ayahnya trus ditinggal, nanti pas pulang dijemput lagi.

Baca lebih lanjut