6

Pergi Tanpa Duo Bocah

Setelah Hana lahir, Sabtu kemarin pertamakalinya saya pergi tanpa duo bocah

Jadi ceritanya secara mendadak saya dikasih tahu ada yang minta ngisi pelatihan nulis socmed di Weleri Kendal, acaranya Nasyiatul Aisyiah.

Pikir-pikir kalo bawa duo bocah ngga enak juga ama penyelenggara, ntar ngga maksimal saya ngasih materi. Biasanya duo bocah kan ngerusuh hihi. Mau suruh Lestari alias Taro yang momong, kok yo mesakke. Mending dia ikut ngisi materi bareng saya kan.

Akhirnya saya putuskan duo bocah tinggal aja di neneknya, kebetulan kalo ke Weleri kan bisa ngelewati Ngaliyan.

Sebelumnya saya udah komit sih sama ayahnya. Kalo Thifa harus mulai dibiasakan bisa melepas ibunya saat kerja. Karena Thifa itu selama ini susah banget memberi ruang bagi saya. Bahkan sekedar saya ngobrol sama gurunya aja susah, Thifa suka ribut ngajak pulanglah, dll. Baca lebih lanjut

15

Kids Corner, Hadiah Untuk Anak Belajar Puasa

“Mah.. puasanya kapan sih kok lama banget?” begitu selalu Thifa bertanya sebelum masuk bulan Ramadhan.

“Bentar lagi nak, minggu depan udah puasa kok, Thifa mau ikut puasa?”

“Mau!!!” Jawabnya bersemangat.

“Bener loh ya, nanti bangunnya pagi-pagi sekali untuk sahur, kalo udah Subuh ngga boleh makan minum sampai adzan magrib,” kata saya mencoba menjelaskan konsep puasa.

“Iya, aku kuat kok,” jawabnya yakin.

Beneran, hari pertama puasa Thifa ikut bangun jam tiga pagi, makan sahur. Hana ikut-ikutan terbangun, kami sahur berempat bareng sama omnya. Hari itu Ayahnya masih di rumah sakit karena baru saja operasi gigi, siang baru boleh pulang ke rumah.

Baca lebih lanjut

12

ASI, Persipan Penting Pra Persalinan

Apa yang biasanya dipersiapkan seorang ibu atau calon ibu menjelang persalinan? Kebanyakan sih popok, baju bayi, ember bayi, ranjang bayi, pokoknya segala sesuatu yang berkaitan dengan properti ya. Tapi sudahkah ibu menyiapkan ASI?

ASI? Maksudnya air susu ibu gitu? Lah kan biasanya nanti keluarnya otomatis kalo udah melahirkan. Mau dipersiapkan bagaimana?

ASI yang saya maksud di sini bukan hanya sekedar air susu ibu ya, tapi segala sesuatu yang berkaitan dengan ASI.

Sudah lama saya pengen nulis tentang ASI ini tapi maju mundur aja, kuatir kalo dikira tidak mengahrgai pilihan ibu-ibu yang tidak memberikan ASI kepada anaknya. Bahkan kemarin sempet rame tuh obrolan soal ASI dan susu formula di grup. Tapi saya pikir-pikir lagi, menghargai pilihan orang bukan berarti kita ngga boleh untuk berbagi pengalaman dan informasi kan ya.

Baca lebih lanjut

7

Liburan Murah Meriah

Anak sekolah lagi libur lumayan panjang nih, sampai habis tahun baru. Enaknya ngapain ya. Pengennya sih liburan ke Hongkong, Perancis atau ke Roma ya, tapi kalo kondisi keuangan ngga memadai, mending liburan murah meriah ajah!

Liburan murah meriah itu kemana? Ngapain? Nah ini dia liburan murah meriah ala Mama Mie dan duo bocah:

1. Tempat permainan anak-anak

Tempat permainan anak-anak ada yang murah, ada yang mahal. Yang pake kartu itu biasanya agak mahalan. Sekali main saldo berkurang Rp.3000-Rp4.000. Saya sih lebih sering ngajak Thifa n Hana ke tempat permainan yang menggunakan koin. Murah meriah harga satu koin Rp.1000-Rp1.250 bisa naik satu permainan. Biasanya tersedia di supermarket tapi bukan mall yang gede. Kalo di Semarang sih tersedia di ADA swalayan, Super, Intan, Aneka Jaya, dan Goori

Baca lebih lanjut

9

Setiap Anak itu Unik

Setiap anak itu unik. Tidak bisa disamakan persis satu sama lain baik itu sifat, karakter maupun tumbuh kembanganya. Saudara sekandung sekalipun, yang kita beri perlakuan sama sedari bayi.

Thifa dan Hana misalnya. Kalau saya perhatikan perkembangan motorik kasar Hana lebih cepat ketimbang Thifa. Hana lebih cepat bisa duduk, merangkak dan berdiri. Sebelum umur sembilan bulan udah mulai berani berdiri tanpa pegangan, cuma beberapa detik sih. Saya pikir dia akan lebih cepat bisa jalan ketimbang Thifa, ternyata ngga juga. Thifa udah bisa jalan di umur 14 bulan, sekarang Hana udah lebih setahun masih titahan.

Baca lebih lanjut