Portable Closet Untuk Bayi Usia 6 Bulan

Tepat di usia Sarah 6 bulan kemaren (berrrbulan-bulan lalu maksudnya), saya menggunakan kembali pispot bayi yang udah lama tergeletak di samping rumah bersama barang-barang tak terpakai yang mungkin suatu hari nanti akan terpakai lagi (opo seh kok ribet men, ya macam gudang lah).

Pispot bayi atau bisa juga disebut portable closet dan ada yang menyebut potty ini sudah dipakai dari jaman Thifa bayi, kalo ngga salah usia 7 bulanan. Berarti udah 8 tahunan lebih yang lalu. Saya beli di Kudus, di toko yang jual ember-ember gitu. Masih bagus, bisa terpakai sampai sekarang, ya paling agak-agak letek aja sih. Harganya, CUMA 21.000. Masih tertulis jelas di potty dengan spidol, makanya tau 😀

Potty

Kiri: Thifa, kanan: Sarah. Pispotnya sama

Pispot bayi bisa mulai digunakan saat bayi usia 6 bulan. Ngga saklek umur segini sih, yang penting bayi udah bisa duduk tegak, udah bisa menggunakan potty training. Jadi ngga kuatir dia bakal doyong kanan kiri, jatoh dari potty. Kebetulan pas Sarah di usianya 6 bulan.

Bagaimana reaksi Sarah pada saat pertama kali didudukkan di pispot? Biasa aja, nrimo, mau pipis ataupun pup di situ. Yang jelas membantu sekali lah adanya potty 20 ribuan ini dalam proses mentatur bayi, sampai sekarang Sarah udah mulai proses toilet training dikit-dikit karena udah 13 bulan.

Baca juga: Tips Tatur Bayi

Manfaat yang saya rasakan dengan bantuan pispot bayi ini:

  1. Ngga pegel lagi natur Sarah dengan memangku dan megangin kakinya kaya pas dia masih bayi banget dulu
  2. Sambil natur kita bisa sambil melakukan kegiatan lainnya. Misal babynya duduk di potty kita bisa sambil bersihin kamar mandi mungkin, atau sambil pup juga kalo pas lagi kebelet. Kadang juga saya tinggal bentar ke ruangan lain ga masalah yang penting anaknya dikasih mainan apa biar ngga ngelangut. Yang penting babynya belum bisa berdiri atau merangkak. Kalo udah, biasa suka beranjak sendiri dari potty kalo bosen, padahal belum dicebokkin.

Pispot anak ini bentuk dan modelnya ada bermacam-macam. Punya saya model biasa aja, ya jelaslah wong harganya aja semurah itu haha. Model lainnya ada yang pake tutupan, jadi mungkin kalo pas belum sempet bersihin pupnya baby, bisa ditutup dulu biar baunya ga kemana-mana. Yang ini juga pernah punya dibeliin neneknya, tapi malah ngga awt, udah pecah bagian pinggirnya, ukurannya juga lebih kecil dari potty training yang saya pakai sekarang, jadi bayi kaya kurang nyaman, karena perutnya yang ndut kesundul bagian depan potty.

Baca juga: 10 Ide Kado Tilik Bayi, Agar Tidak Mubadzir

Kakak saya di Kudus pispotnya bentuk lain lagi dan Sarah juga entah kenapa sering ngga mau didudukkin di situ.

Pispot bayi model lainnya lagi ada yang bisa mengeluarkan bunyi lagu-lagu kalo bagian dalamnya tertimpa pup. Waktu Thifa bayi dulu pernah nanya harganya 300 ribuan (di toko perelengkapan baby ternama sih). Kalo ngga mau ribet bisa juga cari di ol shop banyak yang jual.

Begitulah ibu-ibu dan ayah-ayah pengalaman saya menggunakan pispot bayi mulai usia 6 bulan. Saran saya sih kalo punya bayi wajib punya pispot atau portable closet ini. Anaknya jangan dipakein diapers sepanjang hari ya. Selain boros, kasian kulitnya bisa kena ruam popok, dan ngga ramah lingkungan. Katanya sampah diapers terurainya membutuhkan waktu sekitar 250-500 tahun.

Bayangin satu bayi make berapa diapers sehari, kalikan ada berapa bayi di dunia ini. Nanti jaman anak cucu kita udah seberapa banyak sampah diapers yang menumpuk dan belum terurai. Ngeri ya. Sebagai pengganti diapers sekali pakai, kita bisa gunakan cloth diapers yang bisa dicuci dan digunakan lagi. Memang sih daya serapnya ngga sehebat diapers sekali pakai, jadi harus lebih sering dipantau dan diganti. Nanti saya tulis reviewnya ya kalo ngga males >.<

 

25 respons untuk ‘Portable Closet Untuk Bayi Usia 6 Bulan’

  1. Gimana caranya natur ya mbak dari 6 bulan. Kalau blm mau pipis dianya. Apa kita letakkan bocahnya aja disitu sampai dia pipis

  2. Dulu Raya pake portable closet malah ngga mau pupup hahahahah 😀 duduk doang ngga ngeden2, akhirnya aku beli dudukan closet buat anak2 langsung baru deh mau pup di closet hahahha

  3. Aku nggak pernah pake itu mbaa.. lepas diaper pas 18 bulanan sampe 2 tahun. Iyayah sampah diapers 🙈 ntar pas adek mau nyoba portable ini..klo jaman dulu tatur jg dari kecil kata ibu

  4. Anak pertama pakek yang model bisa dibawa ke mana-mana gitu. Begitu anak kedua aku beliin cover closet itu, yanglangsung ditaruh di atas closet duduk. Tapi ternyata kepakeknya nggak lama. Anak-anakku lebih nyaman lgs ke closet meskipun minta ditunggui

  5. anak pertama saya sempat tak pakaikan ini pas toilet training, awalnya gak mau tapi lama-lama dikasih pengertian mau dan bisa pup, kalau anak kedua gak sempat pakai hihi

  6. Anakku yang pake closet begini cuma si sulung aja. Anak kedua sampe keempat enggak. Padahal lumayan efektif dalam hal toilet training. Keburu gede mereka 😀

  7. Natur bayi pipis ini emang butuh kesabaran luar biasa ya mbak. Baru tahu kalau ada pispot untuk bayi 6 bulan. Selama ini tahunya pispot anak 1 tahun yang ditaruh atas kloset itu aja. Terima kasih sudah berbagi pengalaman.

  8. Ini anakku dulu juga dicobain pakai ini tapi dia malah pakai buat duduk, akhirnya aku coba bawa dia langsung ke closet dengan menambahkan dudukan closet. Akhirnya itu portable closet buat mainan anakku.

  9. Hihi…lucu banget pispot bisa bunyi kalo ketimpa pup.
    Masalahnya, kalau anaknya ga mau duduk karena ga bisa bunyi, gimana yaa…?

    Anak-anakku dulu gapake pispot.
    Langsung ajak ke kamar mandi.
    Masih pakai cara lama siih..hehee…tapi lama atau cepat mengerti memang tergantung masing-masing anak.

  10. Dulu anakku takbeliin yang pispot itu gak mau pakai haha, jdnya sia2, tapi akhirnya mau juga makai yang bantalan duduk di kloset mbak. Sampai skrng masih pakai itu 😀

  11. Aku kalau 6 bulan masih mager TT mending kubawa ke kamar mandi aja xD. Soale daripada pispotnya dipakai main. Tapi keren juga dirimu mau TT in mulai 6 bulan. Aku nyerah

  12. Ping-balik: Sarah 17 Bulan, Makin Banyak Ngomongnya | Diary Mama Mie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s