Gigi Pertama Sarah

Kamis, 13 Maret 2019, Hana berteriak-teriak memanggil saya dari kamar sebelah, “Mama, giginya Sarah kayaknya udah tumbuh deh, tadi aku digigit, gusinya tajam.”

Gigi Sarah

Yang ini masih ompong

Sayapun lantas penasaran mengecek, eh ternyata beneran ada satu gigi Sarah yang mau nongol, di tengah bagian bawah. Yeay gigi pertama Sarah udah tumbuh di usia menjelang 10 bulan.

Kayaknya sih ini termasuk lama ya, soalnya adek sepuunya si Faruq, usia 6 bulan udah mulai tumbuh gigi. Thifa waktu dulu kalo ga salah sekitar 8 bulan, begitupun Hana.

Saya baca-baca beberapa artikel di internet, memang biasanya bayi mengalami tumbuh gigi pertama (erupsi gigi) itu umumnya di usia 6 bulan. Biasanya gigi pertama tumbuh secara berpasangan, dimulai dari gigi seri bawah dan atas tengah hingga mencapai 4 buah. Dan, saat berusia 12 bulan, gigi serinya akan bertambah menjadi 8 buah. Meskipun begitu, katanya, ada pula erupsi gigi susu yang baru dimulai pada usia 9 bulan atau bahkan lebih, jadi ngga ada masalah ya moms n dads. Perkembangan gigi bayi ini terkait juga dengan asupan gizi selama hamil terutama kalsium.

Bagaimana gejala tumbuh gigi pada Sarah, seingat saya sih ngga ada panas ya, rewel juga ya rewel biasa aja. Kalo ditinggal emaknya nangis, cuma dia flu aja pas menjelang tumbuh gigi. Tau deh ada kaitannya apa ngga Sampai sekarang masih batuk jadi kesian huhuhu.

Sementara Sarah tumbuh gigi susu, Thifa gigi susunya mulai berganti dengan gigi permanen. Dua gigi susu bawah bagian depan sudah dicabut menjelang usia 7 tahun kemarin, sekarang di usia 8 tahun lebih, gigi taring kanan maupun kirinya udah mulai muncul gigi permanen. Gigi taring susu yang sebelah kanan juga mulai goyang cuma anaknya belum mau nyabut ke dokter.

2 respons untuk ‘Gigi Pertama Sarah

  1. Ping-balik: Sarah Udah 11 Bulan, Giginya Ada Lima | Diary Mama Mie

  2. Ping-balik: Selamat Ulang Tahun Sarah | Diary Mama Mie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s