Belajar Jual-Beli di Market Day HSMN

market day home schooling semarang

Market Day merupakan salah satu kegiatan dari komunitas Home Schooling Nusantara (HSMN) Semarang. Saya juga ga tau persis sih kegiatan ini dilakukan setiap berapa bulan sekali, karena meski udah lama gabung di komunitas saya kebanyakan baru jadi pengamat saja. Ngikuti obrolan member, tapi ga pernah komen di grup, xixixi.

Setelah saya dan Thifa memutuskan untuk ikut latihan Panjat Tebing bareng HSMN, saya mulai bertekad sih pengen lebih aktif lagi di komunitas. Apalagi persiapan Thifa sudah masuk usia SD, pasti butuhlah kegiatan-kegiatan luar rumah bermain sambil belajar gitu, makanya pas ada woro-woro tentang market day, saya memutuskan untuk ikutan.

Di market day, anak bisa berperan sebagai penjual maupun pembeli. Untuk penjual, lapaknya dibatasi, jadi harus daftar dulu. Karena waktunya mepet, waktu itu saya ngga ada ide mau jualan apa, akhirnya Thifa dan Hana cuma jadi pembeli.

makan-cilok

Saya bilang sama mereka, kalo saya kasih jatah uang jajan ke mereka Rp.10.000,- Kalo mau beli, harus beli sendiri, bukan mamah yang beliin. Jadi di market day kali ini tujuan saya sih lebih kepada latihan berkomunikasi dengan baik dan melatih kepercayaan diri. Selain itu juga supaya saya bisa ketemu dengan sesama member HSMN Semarang.

Ketika saya sampai TKP, saitu di Taman Budaya Raden Saleh Semarang, udah lumayan banyak orang berkumpul, penjual udah menggelar lapaknya. Wuiih menggiurkan semua, ada yang jual makanan, buku, pernak-pernik dan mainan. Harga barang jualan dibatasi hanya boleh maksimal Rp.10.000,- Untuk makanan yang dijual, harus makanan sehat, tidak mengandung penyedap rasa, pengawet, dan pewarna tambahan.

Diimbau juga peserta untuk meminimalisir sampah, membawa kantong belanja sendiri dan wadah sendiri dari rumah untuk yang mau beli makanan.

Thifa beli cilok, bros, jelly drink, kacang. Kalo Hana beli susu, cilok, dan jelly drink. Ciloknya enyaaak, udah dapet resepnya, kapan-kapan pengen nyobain ahhh…

Oya selain kegiatan jual-beli, di acara market day HSMN kemarin juga ada pembacaan cerita dari kak Septi tentang berdagang ala Rosululloh. Seru deh, next market day kita ikut jualan ya anak-anak. Insya Alloh πŸ™‚

playdate hsmn

Iklan

7 thoughts on “Belajar Jual-Beli di Market Day HSMN

  1. seru ya mbak market day nya. Kalo di sekolah anakku juga diadain acara begini, tapi ortu blas gak boleh ikut campur sedikitpun. Semua hanya boleh dibantu guru. anak boleh buka lapak dan untuk soal dagangannya dibeli lalu harus ngasih uang kembalian etc dibantu guru. Biar anak pada mandiri katanya, makanya ortu ga boleh ikutan hehe.
    salam kenal ya mbak πŸ™‚

  2. Wah pinter juga marketnya ga boleh banyak sampah! Bawa wadah sendiri dan tas belanja biar ga banyak sampah plastik. Ekonomis dan ramah lingkungan banget, ya… btw itu lesehan ya berdagangnya? πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s