Thifa Mogok Sekolah

Thifa mogok sekolah. Ngg sebenarya mau sih sekolah tapi kayaknya dengan terpaksa dan syaratnya harus ditungguin mamah di dalam kelas. Tiga jam dalam kelas boo, mau ngapain cobaaak?

Padahal sebelum libur panjang lebaran kemarin, udah mau lho ditinggal di kelas. Mamanya cukup menunggu di luar. Tapi enatah kenapa kemarin begitu nyampe sekolah aja langsung minta ditungguin di dalam. Kayaknya sebelumnya ngga ada sesuatu kejadian yang ngga mengenakkan di sekolah deh.

Sayapun mencoba menelusuri apa yang menyebabkan Thifa seperti ini.

Sebenarnya beberapa saat sebelum Thifa menamatkan PAUD KB di sekolah yang sama, dia sudah mulai kelihatan males-malesan sekolah. Akhirnya saya tungguin dia di dalem kelas. Padahal sebelumnya bahkan pernah cuma diantar saja sama ayahnya trus ditinggal, nanti pas pulang dijemput lagi.

Tapi ada baiknya juga sih saya ikut ke dalam kelas, saya jadi tahu bagaimana Thifa dalam menerima pelajaran dari guru-gurunya dan pergaulan dengan teman-temannya. Meski males-malesan sekolah, kala itu Thifa tetep semangat aja kalo udah di kelas. Baca surat pendek paling kenceng, pulang juga biasanya paling gasik karena dia paling anteng. Pada saat perpisahan Thifa bahkan mendapat hadiah sebagai siswa berprestasi.

Kali ini malesnya Thifa lebih akut lagi. Dia sama sekali ngga antusias dengerin gurunya. Pernah mau sekali ditinggal emaknya keluar kelas pas dia asik ngewarna, habis itu ngga mau lagi.

Waktu PAUD KB nya hampur selesai, Thifa sempat menolak saat saya tawarkan mau sekolah dimana. Katanya ngga mau sekolah. Tapi saya juga bingung kalo di rumah dia juga bosan, mau main ke luar temennya pada sekolah semua. Akhirnya dengan segala bujuk rayu Thifa mau lagi sekolah di tempat yang sama.

Belajar gambar bareng adek (nov 14)

Belajar gambar bareng adek (nov 14)

Beberapa dugaan kenapa dia males-malesan sekolah:

1. Dinakalin temannya. Pada saat saya menunggu Thifa di luar kelas (waktu itu Thifa masih PAUD KB), Thifa memang pernah tiba-tiba keluar kelas kemudian nangis katanya dinakalin temennya, sebut saja si A. Habis itu saya kok mendadak lupa ya, apakah beneran setelah itu dia ngga mau lagi sekolah atau gimana. Udah ngubek-ngubek catatan di facebook dan twitter tapi ngga nemu. Biasanya kan suka curhat di sonoh hihi. Cuma nemu twit di tanggal 5 Februari yang isinya, “Thifa sekarang mnta ditungguin terus di sekolahan, padahal sbelumnya mau ditinggal * jadi pgn mites2 si .. (sensor) >·<” Tapi sekarang sih ngga pernah lagi dia dinakalin . Kalo ditanyain ada temennya yang nakal, dia juga jawab ngga, sesekali aja nyebut nama temannya itu.

2. Ayah lama jemputnya. Tiap kali saya tanya kenapa sekarang harus ditunggui di kelas, jawaban Thifa “Habis Ayah jemputnya lama”. Ayahnya emang sih karena sesuatu hal pernah beberapa kali telat jemput, dan ibu gurunya cerita waktu pembagian rapor kalo Thifa pas ayahnya jemput telat mesti matanya berkaca-kaca, disuruh nungguin deket bu guru tapi ga mau. Tapi.. setelah kejadian itu kayaknya masih mau kok ditungguin di luar kelas.

3. Bosan. Kadang Thifa juga beralasan bosan kalau saya tanya kenapa ngga mau sekolah. Emang sih hifa mulai sekolah sejak umurnya 2,5 tahun di sekolah SGM. Habis itu menjelang tiga tahun berhenti sekolah karena sekolahnya tutup. Mulai sekolah lagi sekitar empat bulan kemudian. Awalnya saya ngga mau menyekolahkan Thifa secepat itu. Tapi Thifa sendiri yang dulu minta, dan sebelum dimasukkin ke sekolah saya bener-bener nanyain dulu ke dia, “Beneran Thifa mau sekolah?” Jawabnya iya.

4. Thifa sebenarnya ngga suka masuk ke dalam sistem. Yang ini sih analisis saya sendiri. Karena saya melihat sampai sekarang, sudah lebih setahun Thifa sekolah di sana, jarang banget lihat dia enjoy bergaul dengan temen-temennya. Kebanyakan asyik main sendiri. Sebelumnya di SGM pun gitu, pas hari terakhir sekolah aja dia keliahatan bergembira diputerin lagu trus joget-jogetan bareng temennya. Beda sama di lingkungan rumah. Meski belum kenal, dia suka datengin sendiri sekelompok anak yang lagi main. Ikut lari-larian padahal ngga diajakin, Begitupun kalo ngaji di masjid, dItungguin di luar oke aja tuh. Bahkan ketika kopdar dengan teman saya yang bawa anak, pernah juga dia langsung akrab sama anaknya padahal baru pertama kali bertemu. Kenapa dia dulu pengen banget sekolah, mungkin karena maish ecxited aja ngeliat anak tetangga sekolah, nah sekarang ecxitednya udah habis :D. Ya ini sih hanya dugaan aja.

Sampai sekarang saya masih berusaha membujuk Thifa untuk sekolah tapi ngga mempan. Bahkan ada barang yang dia inginkan, saya bilang akan saya belikan sekarang juga kalau dia sekolah, tetep ngga mau. Ditanya kenapa, jawabnya karena mama ngga nungguin di dalam kelas. “Loh kemarin juga ditungguin diluar mau?”.

Saya sempat menawarkan dia pindah ke sekolahan tempat teman rumahnya sekolah, ngga mau juga.

Akhirnya saya nyerah, dan bilang ke dia, “Oke kamu boleh ngga sekolah tapi harus pintar!”

Dia tampak setuju. Yang tadinya males-malesan ngaji langsung bersemangat. Mewarnainya jadi tambah rajin dan tambah bagus.

Ini PR banget bagi saya emaknya dan ayahnya tentunya. Kalo lama dia mogoknya berarti ortunya kudu lebih kreatif menciptakan susana belajar sambil bermain yang menyenangkan untuk Thifa di rumah.

Bismillah moga semuanya berjalan lancar ^_^

 

Iklan

5 thoughts on “Thifa Mogok Sekolah

  1. moga thifa seneng sekolah lagi ya. klo anakku yg gede dulu di tk ditemenin 3 bln. usut punya usut ternyata ada mainan yg dia takutin di kelas. adeknya sempet waktu tk ga mau sekolah. usut punya usut karena pernah diisengin temen trus aku telat jemput

  2. Ping-balik: Cerita Thifa dan Hana Lagi | Diary Mama Mie

  3. Ping-balik: Memahami Thifa, Mengenang Masa Kecil Saya | Diary Mama Mie

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s