Membiasakan Anak Minum Air Putih

Siapapun tahu air putih minuman paling baik dan menyehatkan. Tapi ada lho orang yang ngga suka minum air putih.

Temen saya sampai duduk di bangku SMA tidak suka minum air putih, dia biasa minum teh manis. Kalo ga ada, air putih harus dikasih gula baru mau dia minum.

Anak temen saya ada juga tuh yang kemana-mana pasti sangu susu botol. Giliran susunya habis rewel dia. Waktu itu kebetulan main di rumah saya, karena saya ngga selalu nyetok susu, akhirnya dibuatlah sirup baru anaknya diem.

Ibu saya dulu sempat membiasakan kakak saya minum air gula. Menurutnya biar lebih berenergi. Untung kemudian diingatkan sama sodaranya bahwa terlalu banyak gula itu ngga baik akhirnya membiasakan minum air putih.

Membiasakan anak minum air putih itu penting lho. Kalo ngga ya mungkin bisa jadi kayak temen saya itu sampai SMA doyannya minuman manis aja. Ngga kebayang deh selama bertahun-tahun dia mengkonsumsi minuman kayak gitu terus, mudah-mudahan tetap sehat ya.

Kalo Thifa, saat haus, dikasih minuman berasa-rasa, dia pasti ngga mau. Haus ya berarti harus minum air putih. Makanya saya kemana-mana selalu bawa air putih botol gede *skalian klarifikasi untuk menghindari tuduhan irits nih hihi

Bagaimana saya membiasakan Thifa minum air putih?

  1. Setelah berusia enam bulan ke atas, saya mulai memberi dia air putih. Terutama setelah makan, bangun tidur dan sebelum tidur.
  2. Membatasi dia mengkonsumsi minuman manis (supaya tidak ketagihan) termasuk susu formula/UHT. Ada yang karena merasa susu baik untuk kesehatan, lantas membebaskan anak minum susu sebanyak-banyaknya. Cek komposisinya. Pada dasarnya, susu mengandung gula alami yang disebut laktosa. Tetapi agar rasa susu lebih manis ada yang diberi kandungan gula tambahan seperti  sukrosa, maltodextrin dan sirup glukosa.

Bagaimana dengan anak-anak Ayah dan Bunda? Sudah dibiasakan minum air putih juga?

@rahmiaziza

Iklan

6 thoughts on “Membiasakan Anak Minum Air Putih

  1. anak saya minum UHT plain… ya, lumayan lah gulanya gak terlalu banyak hehehe…. tapi alhamdulillah, porsi air putihnya sehari juga bisa sampai bergelas-gelas… alhasil, galon di rumah boros banget -_-

    Jangan-jangan ngga cuman dipake minum, tapi dipake mandi hehehe

  2. Alhamdulillah anak2 kami di rumah sudah dibiasakan meminum air putih yg cukup, bahkan ketika mulai bangun tidur, kami sudah membiasakan anak2 utk minum air putih. Teman anak saya juga ada yg bekal minumnya bukan air putih, tapi air teh kata ibunya anaknya gak suka air putih. Aiih… kenapa gak dibiasain minum air putih ya…

  3. Alhamdulillah, saya pribadi dibiasakan minum air bening dan sampai skrg sukakk. Dan Alhamdulillah diberi kesempatan utk membuat “rayuan” gombal krn anak yg ketiga sebelum ini (sebelum saya menjadi bagian dlm perjalanan hidupnya) biasa minum yg berasa manis. Lumayan sih naik turun hasil rayuannya, skrg bisa di selang-seling utk sangu air ptuih (gak tiap hr minuman berasa manis lagi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s