(TIPS) Mengatasi Anak Susah Makan

Anak susah makan? Ini problem kebanyakan ibu. Atau maunya makan tapi itu-itu.. aja, alias pilih-pilih.

Thifa juga pernah seperti itu.

Beberapa ibu memilih memberikan makanan pengganti apa yang dia suka. Misalnya anak ngga mau makan makanan padat maunya susu formula, yaudah dikasih susu aja daripada ngga ada yang masuk ke perut.

Padahal menurut yang saya baca, susu formula itu tidak bisa menggantikan gizi dari makanan padat. Bisa dikonsumsi sebagai pelengkap saja.

Lantas bagaimana kalau anak susah makan? Apa dipaksa? Saya sih ngga pernah maksa anak untuk makan. Kalau memang dia ngga mau makan, pertama saya bujuk dia. Saya bilang ntar laparlah, lemeslah, ngga bisa main kejar-kejaran sama adek. Atau saya ceritain dongeng yang berkaitan dengan makan. Ya ngarang aja hihihi.

Tetep ngga mau juga? Yaudah dibiarkan saja. Mayan pengiritan ahahaha.

Seperti kemarin saya masak daging sama sayur sop trus Thifa ngga mau makan. Maunya ayam. Saya bilang sama dia, “Adanya cuma ini, mau makan ngga? Kalo ngga ya udah.”

Saya percaya kalo lapar pasti dia akan minta makan. Dan ternyata benar.

Seringkali juga anak-anak itu belum mencoba sudah bilang ngga suka lho. Kemarin waktu saya masak sayur asem Thifa ngga mau makan. Terus saya bilang, “Coba dulu, kalo ngga suka ngga usah dimakan.” Begitu dia coba eh ternyata enak katanya dan dia akhirnya mau makan.

Bagaimana dengan emak yang lain nih, kalau anaknya lagi susah makan apa solusinya? Share yuks!

4 thoughts on “(TIPS) Mengatasi Anak Susah Makan

  1. kebetulan Vivi dan Faris bukan picky eater, mereka gak punya kesempatan utk pilah-pilih, liat tampang emaknya udah langsung mak wuuuzz…. makanan ditelan cepet2 hihihiii… *daripada ntar diembat emaknya

  2. Alhamdulillaah Alia gak susah maemnya, sempat sih agak susah dibujuk makan..harus dicerewetin dulu (setengah maksa sih emang -_- ), tapi lama-lama normal lagi tuh..sekarang tiap diminta makan gak susah 🙂 Buat saya jadi emak emang harus cerewet juga kalau untuk kebaikan anak mah..

  3. Dulu Marwah typical anak yg picky eater, sampai stress saya juga, namun ternyata seiring waktu berjalan, dia jadi doyan makan sendiri, sampe sekarah tuh. Malah skr susah kalau disuruh stop makan 😀

  4. dulu Nadia parah banget mak, sampe stres aku dibuatnya. Makan nggak mau susu pun nggak mau. segala macem vitamin aku cobain mental semua sampe akhirnya aku nyusul ke Surabaya barulah dia mo makan, ternyata obatnya adalah sang papa hadeeeuuhh..
    sekarang nadia jadi doyan banget makan, malah susah di stop nya 😛

Tinggalkan Balasan

