Belum Enam Bulan Tapi Sudah Makan

Hana belum enam bulan tapi sudah makan.

Tadi malam Hana reweel terus. Dimimi’in ngga mau, digendong juga tetep nangis. Bingung, ni anak maunya apa sih ya?

Saya ingat ibu mertua pernah cerita. Dulu Ayahnya Thifa Hana waktu bayi usia dua apa tiga bulanan gitu pernah rewel waktu malem. Dikasih ASI sampe muntah-muntah tetep aja rewel. Waktu dikonsultasikan ke teman yang dokter, dia bilang mungkin bayinya lapar, coba dikasih biskuit. Pas dikasih biskuit eh bener, bayinya langsung anteng trus tidur sampai pagi.

Pas ayahnya pulang, saya coba kasih dia biskuit bayi, seperempat aja. Dipegangin ke tangannya, dia masukin mulut, langsung anteng, ngga nangis lagi.

Setelah biskuit bayi yang dia pegang habis (nyisa dikit sih, jatuh, terus saya buang), saya coba bikinin sekeping biskuit bayi yang diencerin. Dia mau makan, mukanya ceria lagi. Apa mungkin dia nangis karena lapar pengen makan ya?

Sebenarnya bukan kali ini aja lho dia nangis, tanpa sebab yang jelas. Udah dari umur dia empat bulanan gitu. Sempet terlintas nyobain ngasih makan dia, kali aja bener dia laper, tapi saya tahan-tahan soalnya masih jauh banget dari usia enam bulan.

Enam bulannya Hana masih besok tanggal 3 Mei. Udah sejak beberapa hari lalu sih, saya suka sesep-sesepin buah ke mulutnya. Habisnya dia kalo liat saya makan suka tarik tangan saya trus masukin ke mulutnya. Saya pikir daripada dia ngemut-ngemut barang apa tauk yang ngga terjamin, disesepin buah gapapa lah.

Kalo menurut info yang saya baca, tuntunan dari WHO sih seharusnya bayi hanya diberi ASI saja sampai enam bulan ya. Dikarenakan bayi dengan usia 6 bulan ke bawah belum memiliki sistem pencernaan yang sempurna sehingga belum siap menerima jenis makanan dan minuman lainnya. Selain itu, bayi dibawah usia 6 bulan belum memiliki sistem imun yang sempurna sehingga belum bisa memproteksi tubuh dari kuman yang terdapat dalam makanan dan minuman selain ASI.

Tapi kalo kasusnya kaya Hana, yang malah tenang setelah diberi makan gimana dong? Bingung juga. Mudah-mudahan gapapa ya nak, sehat selalu, aamiin..

6 thoughts on “Belum Enam Bulan Tapi Sudah Makan

  1. Milzam dan Naufal udah aku kasih biskuit sejak umur 3 bulan. Persis kayak Hana gitu. Alhamdulillah nggak ngaruh dengan pencernaannya tuh 🙂 Moga Hana juga tetep sehat ya mak Rahmi 😀

  2. Kalau di Jepang, bayi mulai MPASI umur 5 bulan~6 bulan. Saya dulu pernah dikasih brosurnya dari dinas kesehatan sini, tp saya tetep keukeuh ngasih Nisa Mpasi pas usia 6 bulan. Hehe. Memang sih harus dicermati juga kondisi bayi apakah ia sudah siap makan atau belum (tiap bayi beda2).

    Ciri2nya: kepala dan leher bayi sudah kuat apabila didudukkan, hobi memasukkan apapun ke mulut, mampu menghisap dan gerakan mengunyah, berat badannya sudah mencapai 2 kali berat lahir, sudah bisa menolak payudara ibu jika sudah kenyang, dll. Jika ibu melihat dan merasa bayi sudah siap, beri Mpasi secara bertahap dengan porsi sedikit2.

    Satu bulan pertama satu hari satu kali makan (biasanya pagi hari jam 10), porsinya hari pertama satu sendok makan, hari ke-3 dua sendok makan, hari ke-5 tiga sendok makan, hari ke-6 empat sendok makan, dst. Dan usahakan beri satu jenis makanan dulu untuk melihat reaksi alergi selama 3-4 hari. Bulan berikutnya tambah porsi makan menjadi 2 kali sehari (pagi dan sore).

    Begitu, Mak berdasarkan pengetahuan saya. CMIIW ya. Semoga sehat selalu Hana-chan.

  3. Anakku juga mulai makan bubur bayi di usia 5 bulanan mak 🙂 gak apa-apa tuh..dia tetep sehat alhamdulillaah. Ya, kurang beberapa minggu mah gak apa-apa mak selama baby kita emang sehat..

    iya Alhamdulillah sejauh ini Hana juga keliatannya sehat 🙂

Tinggalkan Balasan

