Gosok Gigi Yuk, Thifa!

Kata dokter, gigi Thifa itu bagus. Iya saya pernah membawanya ke dokter gigi waktu umurnya dua tahunan lebih. Waktu itu ada pemeriksaan gigi gratis. Periksanya doang, kalo ada tindakan tetep mbayar (dan karena gigi saya bolong akhirnya bayar ratusan riibu deh, huaa)

Emang sih, kalo melihat temen seusianya banyak yang giginya pada itam-itam di bagian depan, dan ngga utuh alias gigis. Hanya saja gigi thifa itu jarang-jarang. Jadi di beberapa bagian antara satu gigi ke gigi yang lain ada sedikit celah. Kata dokter sih, karena masih gigi susu. Nanti kalo sudah tanggal dan jadi gigi dewasa akan berubah.

Pernah saya tanya ke dokter gimana menjaga kebersihan dan kesehatan gigi anak. Karena waktu itu Thifa masih belum bisa gosok gigi, dokter bilang bersihkan pakai kain kasa aja. Jadi kain kasa dililitkan ke jari kita trus dibasahi air hangat. Tiap habis makan atau minum susu terutama pas mau tidur diusapkan ke gigi si kecil.

Saya sendiri ngga pernah menerapkan hal itu *dasar males. Soalnya waktu itu Thifa masih ngASI. Dia biasanya tertidur saat mimik, nah kalo pas tidur saya ubek-ubek mulutnya pake kain kasa, takut kebangun, ngalamat ngga bisa leyeh-leyeh nonton inpotainment deh.

Saya sih punya cara sendiri yang saya harapkan bisa menjaga kesehatan dan kebersihan giginya

  • Tiap kali Thifa selesai makan atau minum selain ASI, saya suruh dia minum air putih. Harapan saya, biar sisa makanan atau minuman ngga nempel di gigi
  • Thifa tidak pernah minum susu selain ASI saat mau tidur (duluu waktu belum disapih). Biasanya ada kan tuh ya anak yang ngedot dulu kemudian ketiduran. Kalo Thifa memang tidak saya biasakan seperti itu. Karena menurut saya, susu selain ASI itu mengandung gula yang kalau sisa-sisanya menempel di mulut atau gigi bisa merusak gigi
  • Thifa boleh makan coklat, eskrim, dan permen tapi dibatasi.
  • Setelah dia bisa kumur-kumur saya mulai membiasakan dia sikat gigi, meskipun kadang dia suka malas juga sih

Sekitar umur dua tahun setengah lah Thifa baru mulai gosok gigi. Saya berusaha membiasakan dia gosok gigi sebelum tidur dan pada saat mandi pagi. Meskipun kadang masih suka lupa sih, hihi. Ngga selalu mau dia. Apalagi kalo malem, udah ngantuk pengennya kan langsung tidur aja. Supaya semangat gosok giginya ini yang saya lakukan.

  • Membiarkan dia memilih sikat gigi dan odol sendiri. Sembari dibilangin, udah beli sikat gigi harus rajin lo ya gosok giginya.
  • Mengajak dia menonton lagu atau film kartun yang ada cerita gosok giginya gitu. Biasanya dia suka niru tuh.
  • Nyanyiin dia lagu, “Bangun tidur ku terus mandi..” Biasanya Thifa suka nerusin, “Tidak lupa menggosok gigi…” Nah ayok kita gosok gigi thifa hehehe

Gambar

4 thoughts on “Gosok Gigi Yuk, Thifa!

  1. Noofa pertama keluar gigi aku beliin sikat gigi yang pake jari itu lhoo mbak, yang lentur and bisa buat mijit gusi, dia suka banget tuh, minta disikat terus..
    terus sekarang giginya udah 6, baru 6 ding, pdhl usiane dah 18 bulan yak, hehe.. gak apapa lah ya, wong emang baru nongol giginya usia 13 builan 🙂
    sekarang, 18 bulan Noofa sudah saya biasakan gosok gigi, setiap mandi, 2 kali sehari, kadang suka gak mau and nangis lebay, tp aku bilang aja, anak pinter harus gosok gigi.. haha..
    udah pake pasta gigi, tapi seupriitttt bingittsss… kebetulan dia juga udah bisa kumur, jadi gampang 🙂
    cuma yaaa itu, Noofa suka maem permen.. hehehee.. gak banyak sih, gak tiap hari 🙂

    Noofa jangan kebanyakan maem permen ya.. mending makan coklat aja lebih enak, #lho? hihihi

  2. hehehe sama dgn fitry 2,6 thn,,udah pintar sikat gigi sendiri..mmg sih waktu beli sikat n odolnya dia yg milih sendiri..trs klu mandinya barengan jadi dia liat cara kita gosok kita.apalgi anak itu kan peniru ulung jd dia niru..skrang yg lucunya dia malah suka ngatur saya cara nyikat yg benar hahaha…maklum waktu dia masih belajar dulu sy suka cuap cupa heboh eh sekarang berbalik ke saya hahaha

    like mother like daughter ya mak hihi

  3. lucunyaa…

    gemes ya lihat Thifa.
    Bianca, anak saya juga giginya bagus, tidak seperti kakaknya yang gigis karena susah banget kalau disuruh sikat gigi. mesti perang dulu di kamar mandi hahaha

    Wah Bianca pinter rajin gosok gigi

  4. Thifa lucu bangeeeettt siiih. pinjam odolnya dong :))) *kalo sikat gigi kan gak boleh pinjam hihihi* semoga tambah pintar dan giginya sehat terus ya :*

    kalo odol dipinjem buat apa tante? diminta dong harusnya hihihi makasih tante sary udah mampir 🙂

Tinggalkan Balasan

